Saturday, January 1, 2022

Bye 2021 (Part 2): Journaling Lagi

Ini adalah gratitude list lanjutan dari Part 1

Beberapa hal dari list ini mungkin terkesan sangat mundane, but who cares, right? 

Life is always interesting if you appreciate the small things

3. Journaling (lagi)

Jujur, dulu kalo liat konten di sosial media tetang journaling atau bullet journal pasti membuat saya jiper. Karena kok kayaknya niat banget, artsy banget, rapih banget- sesuatu yang bukan saya banget. Namun akhirnya saya tergerak untuk journaling lagi saat awal pandemi Maret 2020, dan sejak saat itu rutin journaling.

contoh journal yang bikin saya jiper

Isinya apa? terserah saya! ini hal paling menarik dari journaling a la saya, satu-satunya aturan adalah gak ada aturan. Gak juga deng, secara garis besar saya mengikuti prinsip bullet journal nya Ryder Caroll, tapi gak semua. 


Hal yang terpenting adalah index dan nomor halaman, karena journal atau buku yang saya gunakan adalah buku biasa, saya memberi nomor halaman secara manual- hal ini biasa saya lakukan kalo lagi boring dan butuh sesuatu yang repetitif, jadi gak harus selesai memberi nomor halaman sebelum digunakan. Kalau ada yg gak sengaja kelewat, tinggal saya beri huruf di belakang nomor halaman yang kelewat, haha, Bagi saya ini penting karena index membuat saya cepat mencari lagi topik atau (minimal) bulan.

Lalu apa isi jurnal saya? beneran terserah, kadang to do list, atau saya gunakan sebagai diary, kalau sedang travelling, saya akan menempel kertas-kertas tentang perjalanan saya, misalnya tiket, stiker kemasan jajanan yang saya beli, bahkan struk restoran enak. Kalau sedang niat (yang mana jarang terjadi) saya akan menghias halaman jurnal dengan stiker, doodling atau washi tape.

Mencoba beberapa buku tulis, saya juga jadi menemukan jurnal ideal saya: blank pages, hard cover, ukuran A5 atau B6, kertas cukup tebal agar gak berbayang saat saya nulis, jilid jahit benang (pokoknya bukan spiral), serta ada pita pembatas (siapa tahu ada yang mau ngasih saya kado jurnal tahun ini, Lol PD amat).

Kapan menulis jurnalnya? Idealnya setiap hari (tapi again, saya adalah manusia yang jauh dari kata ideal) jadi yaaa kapan saja. Ada kalanya sehari saya bisa menulis berhalaman-halaman, kadang satu kalimat saja, kadang tidak sama sekali, gak masalah! saya selalu bisa kembali kapan saja.

Manfaat apa yang saya rasakan? yang paling jelas, saya jadi punya wadah untuk menampung isi pikiran-pikiran saya. Mungkin bisa diibaratkan jika overthinking itu seperti ember yang luber, saya jadi punya ember-ember cadangan untuk menampung isi pikiran saya, dan mengorganisirnya. Proses menggores pulpen di kertas juga jadi momen reflektif yang menyenangkan, kadang kita bertanya dan menemukan sendiri jawabannya, namun selama ini tidak ketemu karena belum cukup terorganisir. 

Yang paling 'lucu' adalah membaca tulisan-tulisan saya di masa lampau, kadang malu kadang sedih kadang juga bangga saya pernah bisa melewati masa-masa sulit, sering juga bersyukur banyak momen bahagia yang saya abadikan di jurnal.

Yuk 2022 mulai (atau ngejurnal) :)

Lanjut ke part 3 gak ya...


No comments:

Post a Comment