Sunday, May 20, 2018

Mencampur Kosmetik a la Safiya Nygaard


Youtuber 'alumni' Buzzfeed ini telah menciptakan tren tersendiri dalam menciptakan konten beauty video, yaitu mencampur semua koleksi produk kosmetiknya untuk bikin satu produk baru. Cewek dengan lebih dari 4 juta subscribers menamai series ini "Bad Make Up Science". Sejauh ini Safiya udah mencampur, foundation, lipstik, eye shadow, liquid lipstick dan highlighternya. Bahkan baru-baru ini ia beli sekitar 600 lipstik di Sephora untuk ia lelehkan dan cetak untuk kemudian dibagikan kepada para subscribersnya sebagai giveaway.

credits: Safiya Nygaard

Tren Bad Make Up Science a la Safiya ini jadi diikuti oleh para content creator Youtube lokal dan luar negeri. Bahkan gak cuma makeup, banyak youtuber yang mencampur minuman, makanan bahkan slime. Safiya dan beberapa beauty vlogger seperti Tati, Manny MUA hingga Tasya Farasya yang mencampur makeupnya on camera ini mengaku puas dengan produk ciptaan mereka itu.

Mencampur makeup seperti foundation misalnya, sebenarnya umum dilakukan oleh MUA untuk mendapatkan warna yang paling pas dengan warna kulit kliennya.

Anastasia Beverly Hills juga sempat meluncurkan lip pallete yang membuat kita bebas berkreasi dan menemukan warna lipstik favorit kita.

Dengan mencampur makeup, kita bisa menemukan warna makeup yang sesuai dengan warna kulit atau selera kita. Kalau misalnya bosan dengan warna lipstik atau eyeshadow yang kita miliki, kita bisa campur beberapa warna untuk menciptakan warna yang baru, meskipun gak seekstrim Safiya yang mencampur semua koleksinya.

Walau terdengar seru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan mencampur produk kosmetik. Perhatikan ingredients nya! ada beberapa bahan aktif yang tidak boleh dicampurkan bersamaan, misalnya retinol dan vitamin C atau salicylic acid dan glycolic acid. Aturannya mirip dengan hal-hal yang harus kita perhatikan saat akan menggunakan produk skincare.

Meskipun demikian, makeup relatif lebih aman untuk dikombinasikan. Karena menurut Gilbert Soliz, Sephora Pro Lead Artist, kandungan produk high end dan drugstore bahkan seringnya relatif sama.

Kebersihan proses dan alat yang digunakan pada saat mencampur makeup juga harus diperhatikan, supaya makeup tetap higienis sehingga aman untuk disimpan dan dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, siap bereksperimen?



No comments:

Post a Comment