Wednesday, October 4, 2017

Perpustakaan Maya

Bukan, nama saya bukan Maya.

sumber gambar
Dari dulu, saya kepengen banget punya perpustakaan. Kenapa? mungkin karena sejak remaja saya suka banget baca tapi saya tinggal di daerah yang sangat minim akses untuk mendapatkan buku. Dan mungkin karena kelangkaan pilihan bacaan inilah saya juga jadi sangat menikmati membaca buku yang saya sukai.

Salah satu penulis yang membuat saya jadi hobi banget baca adalah Sidney Sheldon, saya pertama menemukan karya nya yang berjudul Doomsday Conspiracy, saya akhirnya kepo dan akhirnya menemukan fakta bahwa Mbah Sheldon saat itu sudah meninggal (tahun 2007). saya pun akhirnya terobsesi untuk membaca semua buku karyanya. Ini merupakan perjuangan panjang, karena tidak ada toko buku yang cukup decent di kota saya tercinta.

Akhirnya dengan berbagai cara, saya berusaha mencari semua novel Sidney Sheldon dengan cara meminjam di perpustakaan sekolah dan perpustakaan daerah, membeli online (10 tahun lalu saya sudah belanja online, wuouw) dan langsung ke toko buku kalau sedang berkunjung ke kota besar. saya bahkan sempat membuat bucket list novel Sidney Sheldo  di blog ini. Hingga saat ini saya udah kelar baca semuanya, kecuali 1 judul, yang Memories of Midnight kalo gak salah.

Hmm, kenapa malah jadi bahas Sidney sheldon ya...

Waktu berjalan, mimpi untuk membuat perpustakaan masih ada dalam benak saya, bahwa distribusi akses pada bacaan belum adil selalu mengusik saya pada kenyataan tingkat literasi di Indonesia yang demikian rendah. Saya salut banget sama temen saya Hastin, yang berhasil mendirikan perpustakaan di Kalimantan Utara. Oia, Hastin juga sedang menghimpun dana untuk programnya di sini. Sekarang, POS Indonesia juga menyediakan akses gratis untuk mengirim buku ke daerah setiap tanggal 17.

Saat kuliah, saya sadar bahwa buku kini hadir pada bentuk elektronik atau e book. Nah karena buku teks untuk kuliah saya dulu mahal- mahal, terkadang saya mengunduh buku elektronik secara ilegal.  Nah teman-teman di angkatan saya juga sering berbagi pakai buku ini lewat media google drive.

Syahdan, saya dan dua teman saya entah gimana ceritanya memutuskan untuk menyimpan buku-buku elektronik koleksi kita di google drive, supaya aman dari segala bencana duniawi. Trus, kalo cuma disimpen ya kurang berfaedah dong, akhirnya dengan kesaktian bit elye, saya membuat bit.ly/bukubukuabg sebagai perpustakaan maya kami. Sila diakses, gratis

Hidup sosialisme!,

Binski

No comments:

Post a Comment